Desain Arsitektur Nusantara

Apa Itu Rumah Kopel ?

Apa Itu Rumah Kopel ?

Mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar istilah rumah kopel, namun belum paham betul arti sebenarnya.

Berikut arti atau maksud dari istilah rumah kopel, rumah kopel adalah satu bangunan rumah yang terdiri dari banyak rumah, bisa juga dua rumah yang bentuk bangunannya kalau dilihat sekilas seperti hanya satu rumah alias satu kesatuan.

Untuk detailnya seperti ini, jika dilihat secara utuh, rumah ini punya satu konsep desain saja manjadi kesatuan, lalu dibagi jadi dua rumah dan hanya dipisah oleh satu dinding, lalu pada bagian atab dibikin secara utuh atau menyatu antara rumah yang satu dengan yang lainnya. Semua bagian lainnya seperti pintu jendela semuanya punya bentuk dan ukuran yang sama.

Bangunan rumah kopel seperti ini biasanya dapat kita jumpai pada bangunan peninggalan Belanda seperti pada kota tua atau gudang di pelabuhan lama atau bahkan di perkebunan Belanda jaman dulu.

Untuk saat ini konsep atau desain rumah kopel masih digunakan pada perumahan moderen, beberapa pengembang perumahan masih menggunakannya namun dengan ada sedikit modifikasi. Modifikasi terletak pada bagian atap rumah yang mulai dipisah dengan dinding pemisah secara jelas. Dapat kita jumpai pada komplek perumahan-perumahan type cluster.