Desain Arsitektur Nusantara

Apa Itu Perumahan Cluster ?


Apa Itu Perumahan Cluster ?

Perumahan Cluster adalah perumahan yang di desain sedemikian rupa sehingga terlihat seragam yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan lebih aman, bersih, rapi dan nyaman untuk dihuni, dan yang terpenting semua di desain dengan tujuan terpadu seperti sanitasi, pengairan bahkan energi sehingga lebih efisien, hemat dan mempermudah penghuni untuk lebih bersahabat dengan alam dan lingkungan mereka dan mempermudah petugas kebersiahan dalam melakukan tugasnya .

Ciri Perumahan Cluster
  • 1 Gate
    Hanya mempunyai 1 akses untuk keluar masuk di perumahan tersebut (ditujukan untuk keamanan).
  • Desain Rumah Seragam
    Rumah yang berada di dalam perumahan cluster cenderung seragam (mempunyai desain yang sama, ditujukan untuk menciptakan lingkungan yang rapi).
  • Rumah Tanpa Pagar
    Rumah-rumah disana hampir dipastikan tanpa pagar karena alasan seperti diatas, mengutamakan kerapian, kebersihan, kenyamanan dan menciptakan kehidupan sosial yang baik antar penghuni, tanpa mengesampingkan kehidupan privasi penghuninya. (Interaksi antar tetangga akan lebih mudah, keamanan telah dijamin dengan desain 1 gate).
  • Stratifikasi Sosial
    Dengan desain rumah yang sama, dapat dipastikan harga rumah tersebut pun sama, hal ini secara otomatis memetakkan stratifikasi sosial penghuninya dan dapat dimungkinkan sama.
  • Fasilitas Perumahan
    Taman, area bermain, dan sarana olahraga sampai tempat ibadah tersedia didalam lingkungan perumahan.
  • Ramah Lingkungan
    Desain sistem sanitasi yang baik, pengairan dan energi terpadu.

Mayoritas perumahan semacam ini dihuni oleh golongan elite papan atas karena memang harganya lebih mahal dari pada perumahan model konfensional, karena dilihat dari keunggulannya seperti lebih rapi dan keamanan lebih terjaga. Itu dulu sekarang banyak perumahan menggunakan sistem cluster bagi golongan menengah keatas dengan menghilangkan beberapa fasilitas dan tentu saja rumah yang lebih kecil.

Di Singapore perumahan sistem cluster ini mempunyai jaringan sitem sanitasi, limbah, air bersih, listrik dan gas sendiri jadi lebih modern. Sistem limbah seperti sampah yang ada pembuangan akhir yang modern di bakar atau daur ulang, pemisahan sampah kering dan basah. Sistem pembuangan air limbah rumah tangga seperti air cucian, kakus ada sistem pengolahan limbah sendiri. Untuk sistem air bersih air kran biasanya dapat langsung di minum (* jadi penghuni perumahan ga usah repot2 ke toko untuk beli aqua galon) begitu juga gas ga usah repot beli tabung gas dan ga bakal ke abisan pas lagi enak masak telor. sistem listrik ada semacam pembangkit sendiri di perumahan tersebut seperti disel raksasa sebagai backup jika listrik negara mati klo disini PLN.
Nah begitu nyamannya tingal di perumahan seperti itu ... Apa perumahan sistem cluster di Indonesia sudah seperti itu yax...?